Tradisi Ruwat Bumi

Administrator 07 Juli 2021 13:35:33 WIB

Ruwat bumi adalah ungkapan syukur atas hasil yang diperoleh dari bumi. Pengharapan setahun kedepan, serta penghormatan kepada leluhur. Ruwat juga memiliki artinya mengumpulkan dan merawat. Yang dikumpulkan dan dirawat adalah masyarakat dan hasil buminya.

Kali ini ruwat bumi dilaksanakan dengan sangat sederhana. Di desa kami tradisi ini biasanya dilakukan di lingkungan-lingkungan dusun/RW dan atau RT.

Pagi ini selepas waktu subuh suara kentong berbunyi. Menandakan ada informasi kegiatan masyarakat di hari ini. Ya, hari ini akan diadakan acara Selametan atau Ruwatan bumi sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas anugrah yang melimpah. Rata-rata warga Desa Paseh berprofesi sebagai petani sehingga erat kaitanya dengan bumi sebagai sarana penghasil rejeki.

Sejak pagi para ibu sibuk menyiapkana masakan untuk dibawa sebagai sedekahan/sodakoh untuk dinikmati bersama-sama nanti pada waktu upacara ruwatan.

Sementara itu warga khususnya para pria sibuk bergotongroyong dalam kegiatan kemasyarakatan. Kali ini adalah melengkapi sarana masjid.

Selepas menjalankan aktifitas gotongroyong para ibu dan bapak-bapak berkumpul untuk berdoa bersama memohon keselamatan dan keberkahan kepada sang maha penguasa. Setelah itu makanan dinikmati bersama menandakan kebersamaan dan hidup berdampingan dengan sesama.

Komentar atas Tradisi Ruwat Bumi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri & Info


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Website Desa Versi-Android

Silahkan klik Gambar untuk unduh Aplikasi Website Desa Paseh Versi Android.

Galeri Video

Video Dokumenter SID Banjarnegara

Video Sosialisasi Dana Desa

Komentar Terkini

Lokasi Kantor DesaPaseh

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung