VISI DAN MISI
24 Agustus 2016 Administrator 244 Kali Dibaca

VISI DAN MISI

VISI

Visi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah pandangan atau wawasan ke depan. Visi pembangunan dalam RPJMDesa Tahun 2020-2025 merupakan visi Kepala Desa yang disampaikan pada saat proses pemilihan Kepala Desa. Visi yang telah ditetapkan oleh Kepala Desa terpilih tersebut adalah sebagai berikut:

PASMANTAB

“Mewujudkan Desa Paseh yang Sejahtera, Mandiri, Beriman & Taqwa serta Bermartabat”

Visi pembangunan dalam RPJM Desa Tahun 2020–2025 tersebut di atas diharapkan akan mewujudkan keinginan dan amanat masyarakat Desa Paseh dengan tetap memperhatikan RPJMD Kabupaten Banjarnegara. Visi pembangunan tersebut harus dapat diukur keberhasilannya dalam rangka mewujudkan Desa Paseh yang Sejahtera, Mandiri, Beriman & Taqwa serta Bermartabat. Adapun makna yang terkandung dalam visi tersebut dijabarkan sebagai berikut:

1. Sejahtera

Sejahtera menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah aman sentosa dan makmur, selamat (terlepas dari segala macam gangguan). Secara awam sejahtera berkaitan dengan urusan kenyang, sehat, nyaman atau dalam pengembangan adalah ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan agama. Dalam hal ini diharapkan masyarakat yang terpenuhi kebutuhan dasar sandang, pangan, perumahan, air bersih, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan fisik maupun non fisik, lingkungan hidup dan sumber daya alam, berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan politik, mempunyai akses terhadap informasi serta hiburan; terciptanya hubungan antar masyarakat yang dinamis, saling menghargai, membantu, saling pengertian, serta tersedianya sarana dan prasarana publik terkait dengan infrastruktur pelayanan publik, transportasi dan teknologi yang mencukupi, nyaman dan terpelihara baik.

Dengan visi ini diharapkan Masyarakat Desa Paseh menjadi masyarakat yang sejahtera artinya kondisi masyarakat yang berkecukupan secara lahir dan batin.

2. Mandiri

Madiri berarti dalam keadaan dapat berdiri sendiri atau tidak bergantung pada orang lain. Sedangkan kemandirian adalah hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kemandirian dalam hal ini meliputi dua sisi yaitu pemerintah desa dan masyarakat.

Oleh karena itu, ketercapaian kemandirian dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan pemerintah desa dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa.

3. Beriman dan Bertaqwa

Iman dan bertaqwa merupakan sikap manusia terhadap Tuhannya, masyarakat Desa Paseh adalah masyarakat beragama. Sikap orang beragama yang selalu dipelihara bahkan ditingkatkan adalah imam (keyakinan dan taqwa (kepatuhan) kepada Tuhannya. Disamping terpenuhinya kebutuhan jasmani diharapkan masyarakat Desa Paseh juga terpenuhi kebutuhan rohaninya yang ditandai sikap beriman dan bertaqwa yang sesuai dengan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sehingga diharapkan seluruh proses pembangunan yang dilaksanakan di Desa Paseh selalu mengedepankan norma-norma agama.

Oleh karena itu, kebijakan dan kiprah pembangunan di desa ini harus selalu mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan manusia kepada Tuhannya.

4. Bermartabat

Bermartabat memiliki arti harga diri atau harkat. Dimana masyarakat Desa Paseh selain memiliki persamaan antara hak dan kewajiban dalam pemenuhan kebutuhan, juga memiliki sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal, tradisi, maupun adat dan budaya sebagai identitas masyarakat Desa Paseh, dimana hal tersebut berkaitan dengan nilai kemanusiaan. Manusia adalah mahkluk tuhan yang paling sempurna dari mahkluk lain serta mendapat tugas dan wewenang untuk mengurus dunia demi kesejahteraannya. Sebagai mahkluk yang lebih sempurnya maka manusia dituntut untuk selalu menjaga martabatnya dalam setiap posisi dan kegiatan apapun.

Oleh karena itu, semua kebijakan pembangunan, dan kiprahnya harus berorientasi kepada penjagaan martabat manusia. 

MISI

Misi merupakan pernyataan tentang apa yang harus dilaksanakan dalam upaya mencapai visi. Misi merupakan turunan dari pokok-pokok visi yang telah diidentifikasi sebelumnya. Dimana dalam mewujudkan visi tersebut di atas, maka dijabarkan dalam enam misi sebagai berikut :

BIDANG PEMERINTAHAN

  • Mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa Paseh yang transparan, profesional, dan berdedikasi tinggi;
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik;

BIDANG PEMBANGUNAN

  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur desa yang berkelanjutan  berbasis pada pertanian dan potensi lokal desa;
  • Meningkatkan derajat kehidupan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat;

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

  • Meningkatkan peran kelembagaan masyarakat desa  untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kesatuan dan persatuan;
  • Mewujudkan masyarakat Desa Paseh yang beriman dan bertaqwa serta menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal;

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  • Memperkuat produktivitas usaha masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  • Meningkatkan dan mendorong potensi ekonomi unggulan desa melalui pendampingan kelompok-kelompok industri kecil.

Berkas Lampiran

Silahkan tulis komentar anda
CAPTCHA Image [ Ganti Gambar ]